Pada tutorial kali ini saya akan mencoba membuat sebuah aplikasi berbasis “Console” sederhana dengan menggunakan Code Block .

Sebelumnya saya jelaskan dulu ya sebenarnya spesifikasi dari aplikasi ini apa sih?

Ok mungkin disuatu kondisi saat kita sedang ingin membuat sebuah file yang berbasis notepad, artinya file2 tersebut bisa kita edit dengan menggunakan notepad, misalnya nih ekstensinya .txt , .css , .hmtl , .php , .c dan lain-lain, pokoknya ekstensi file apapun yang penting bisa dibuka pake notepad hehehe. Nah kelebihannya disini kalian gak perlu lagi cape2 klik trus rename , terus musti ganti formatnya , dan juga kalo ingin bikin file lebih dari 1 kita bisa melakukannya dengan cepat.

Ok kita langsung ada yak e source codenya, coba kalian buka aplikasi “Code Block” , terus bikin projek baru , kemudian di bagian main project, copas source code berikut.1

Nah di sini kita bikin variabel yang typenya adalah “FILE” dengan nama mesin.

Kemudian perhatikan padaa bagian perulangannya terdapat statement.

“mesin = fopen (FILE_NAME,”w”);

Nah maksutnya disini adalah kita membuat sebuah file, dengan nama “FILE_NAME” dimana merupakan sebuah inputan bertype String dari User dengan nama file dan juga formatnya, misalnya nih kita masukan nama filenya , “Pemrogaman_web.php” , kita bikin file bertype .php . kemudian pada parameter sebelahnya ada huruf “w” , yang artinya “write”, yaitu kita membuat file baru dengan criteria nama dan ekstensi file yang telah kita inputkan tadi.

Setelah di running jadinya akan seperti ini2

Nah untuk lokasi filenya bisa ditemukan pada folder projeknya, contoh pada gambar berikut.3

Nah bagimana? Mudah dan simple kan? ,  sebenarnya aplikasi sederhana ini merupakan pengembangan dari mata kuliah “Dasar Pemrogaman” yaitu pada bab “Mesin Karakter” , nah dari sini temen-temen bisa lebih berkreasi lagi untuk mengembangkan konsep dari materi-materi yang diberikan, untuk menghasilkan sebuah karya . ^^

[symple_divider style=”solid” margin_top=”20px” margin_bottom=”20px”]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *