Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

(IPTEK)

 

Bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah bidang yang bergerak di segala hal tentang Iptek seperti penelitian, rekayasa, dan pengembangan software maupun hardware.

Iptek

Terdiri dari 2 departemen, yaitu :

1.  Departemen Hardware

Departemen Hardware adalah departemen yang bertanggung jawab, menjadi koordinator dan pelaksana kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan, penelitian, dan rekayasa perangkat keras (hardware).

2.  Departemen Software

Departemen Software adalah departemen yang bertanggung jawab, menjadi koordinator dan pelaksana kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan, penelitian, dan rekayasa perangkat lunak (software).

Tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dilakukan oleh Bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)  :

  1. Mengusahakan agar pengurus dan mahasiswa Teknik Informatika ikut secara aktif meningkatkan fungsi dan peranannya di lingkungan program studi Teknik Informatika.
  2. Berperan aktif dalam usaha peningkatan penalaran dan pengembangan keilmuan pengurus dan mahasiswa Teknik Informatika.
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong dan membangun pola pikir mahasiswa Teknik Informatika supaya lebih aktif dan inovatif berdampak positif sesuai dengan bidang ilmu yang ada di perguruan tinggi.
  4. Melakukan kegiatan-kegiatan  yang berhubungan dengan pengembangan, penelitian, rekayasa perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Program Kerja dari Bidang IPTEK periode 2013 – 2014 adalah sebagai berikut :

  • HMTI Tech Club

Merupakan wadah bagi mahasiswa Teknik Informatika dalam mengembangkan bakat minat sesuai bidang studi teknik informatika melalui pelatihan, pembuatan project, dan menghasilkan mahasiswa yang berprestasi.

  • Seminar Nasional Teknik Informatika

Merupakan wadah bagi tersedianya informasi mengenai suatu teknologi baru yang sedang berkembang dan memiliki daya tarik yang besar di era sekarang, serta memberikan pengetahuan dan wawasan baru yang disampaikan oleh para ahli di bidangnya.