Pada tanggal 21-22 Desember 2013 kemarin, BEM-FIK UDINUS mengadakan suatu acara yang melatih bagaimana cara kita  memanage suatu organisasi. Kegiatan itu adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD).

Sekilas tentang LKMM :

LKMM adalah suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen untuk mengelola suatu organisasi kemahasiswaan. Saat ini terdapat 4 jenis kegiatan LKMM yaitu LKMM-pra TD (pra Tingkat Dasar), LKMM-TD (Tingkat Dasar), LKMM-TM (Tingkat Menengah) dan LKMM-TL (Tingkat Lanjut).

LKMM Pra-Dasar dan Dasar dilaksanakan dan dibiayai sendiri oleh perguruan tinggi dengan berpedoman pada panduan dan kurikulum LKMM yang dikeluarkan oleh Dikti, sedangkan LKMM Tingkat Menengah dan Lanjut langsung dikoordinasikan dan didanai oleh Dikti, melalui pengajuan proposal dan atau penunjukan.

Sekarang lanjut lagi ke acara LKMM-TD yang diadakan BEM-FIK UDINUS. Acara seperti ini dari hari pertama sampai hari terakhir memang di full-kan pada pemberian materi tentang organisasi. Materi yang diberikan juga bermacam-macam, mulai dari dasar organisasi sampai analisis SWOT. Pematerinya pun berasal dari kampus sendiri seperti dekan, dosen dan mahasiswa.

Sabtu, 21 Desember 2013

Pada hari pertama yaitu tanggal 21 Desember, acara dibuka dengan sambutan dari ketua panitia serta menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Hymne Dian Nuswantoro. Kurang lebih ada 3 materi yang diberikan pada hari itu, yaitu :

  • Komunikasi                 :        pemateri : Drs. Abdul Syukur, MM
  • Leadership,                 :        pemateri : Erika Devi Udayanti, S.Kom, M.CS
  • Berfikir Kreatif,            :        pemateri : Haris Praba Aditya

 

Acara pada hari pertama diakhiri dengan game kecil dari panitia, dimana dari semua peserta dibagi menjadi 8 kelompok. Game yang diberikan sangat menarik dan cukup ramai. Dimana setiap kelompok diberikan beberapa lembaran cerita. Setiap lembaran cerita tersebut terdapat banyak kata benda, kita di suruh mencari benda yang nantinya akan dibacakan oleh panitia.  Panitia hanya akan memberikan clue bahwa benda yang dimaksud ada di halaman…., baris ke…., dan kata ke …. . Kelompok yang lebih dulu menemukan benda yang dimaksud adalah pemenangnya. kegiatan hari pertama selesai pada pukul 22.30 WIB.

Minggu, 22 Desember 2013

Pada hari kedua yang sekaligus hari terakhir ini, kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama. Saat senam bersama pun juga diberikan game-game kecil. Setelah itu dilanjutkan dengan mandi dan sarapan pagi karena masih ada lagi materi-materi yang akan diberikan. Dihari terakhir ini materi yang diberikan hanya 2 yaitu :

  • Dasar Organisasi,              :        Pemateri : Putranto Adhi Nugroho
  • SWOT                                    :        Pemateri : Wahyu Setiawati

 

Setelah materi terakhir selesai diberikan, langsung dilanjutkan dengan acara penutupan serta pemberian penghargaan kepada peserta terbaik. Dan peserta terbaik LKMM-TD 2013 adalah… jreng.. jreng.. jreng.. jreng…..

Nama              : Muhammad Mardiansyah

NIM                : A14.2012.01442 

Sebelum kembali ke Semarang, semua panitia dan peserta foto bersama sebagai kenang-kenangan. Rombongan kembali ke Semarang jam 14.00 WIB.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *