Sejarah HM-TI

logo hmti

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika atau biasa disebut HM-TI adalah organisasi kemahasiswaan tingkat Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Pada awal terbentuknya, organisasi ini bernama HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) yang merupakan inisiatif dan kesadaran mahasiswa untuk menciptakan suatu wadah penampung dan untuk merealisasikan ide-ide kreatif mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK Udinus (sebelum menjadi UDINUS). Selain merupakan inisiatif dari mahasiswa, terbentuknya HIMATIKA juga mendapatkan dukungan dari dosen di kalangan teknik informatika. HIMATIKA terbentuk dan telah eksis sejak tahun 1993 dan diketuai oleh Sdr. Darto meskipun merupakan organisasi yang belum diakui oleh akademik secara resmi.

HIMATIKA diakui secara sah oleh akademik dengan pergantian nama menjadi HMJ-TI (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika) disertai reorganisasi dan pelantikan pengurus baru pada 27 Desember 1995 yang diketuai oleh Ristyanto Andi. Selanjutnya, pada tahun 1997 terjadi reorganisasi dan merancang konstitusi (Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga) serta pendirian Hardware Club. Tahun 1998 menjadi tahun dimana HMJ-TI mengadakan Sidang Umum untuk pertama kali dengan pengesahan AD/ART yang selanjutnya menjadi konstitusi HMJ-TI. Di tahun 1998 pula, HMJ-TI mulai mengembangkan kegiatannya dengan kegiatan yang mempunyai cakupan cukup luas.

HMJ-TI mengalami perubahan nama menjadi HM-TI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) pada tahun 1999. Hal ini dikarenakan adanya perubahan nama di akademik tentang jurusan menjadi program studi. Sebagai penunjang peningkatan keilmuan mahasiswa, HM-TI mengadakn kegiatan pelatihan mata kuliah secara professional. Perancangan, pembahasan dan penetapan Pedoman Kerja (GBHK) HM-TI dilakukan pada tahun 1999 ini. HM-TI tidak hanya berkiprah di kalangan kemahasiswaan, namun juga di lingkungan akademik dengan diwujudkan dalam perubahan dan peningkatan mata kuliah di program studi. Sebagai peningkatan kualitas, HM-TI juga menyempurnakan Pedoman Kerja menjadi Pedoman Pokok Organisasi pada tahun 2000. HM-TI juga melebarkan ruang gerak dengan memulai perintisan Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Informatika se Kota Semarang.

Perubahan STMIK DINUS menjadi UDINUS pada tahun 2001 menjadikan HM-TI mengalami sedikit perubahan. Nama HM-TI yang telah disahkan sebelumnya berganti menjadi HM-TI Fasilkom Udinus. Karena perubahan ini pula, sekretariat HM-TI mengalami perubahan tempat. Pada tahun 2001 ini mulai dilakukan pengkaderan untuk mencari anggota aktif HM-TI. Selanjutnya pada tahun 2002, HM-TI Fasilkom Udinus berhasil mengadakan Rapat Kerja FKHM-TI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) se Kota Semarang. Pada tahun ini pula, HM-TI bekerjasama dengan BEM-FIK, DPM-FIK, HM-MISI dan HM-KA mengadakan Dialog Akademik demi terciptanya komunikasi dua arah mahasiswa dengan akademik.

HM-TI Fasilkom Udinus saat ini telah menjadi organisasi yang mengedepankan profesionalitas, serta tanggung jawab dalam setiap tindakannya. Hal ini menjadikan HM-TI sebagai organisasi tingkat fakultas yang cukup mendapatkan kepercayaan dari akademik dengan berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan (Seminar, Pelatihan, Lomba, dan Kelompok Studi). HM-TI Fasilkom Udinus pada perkembangannya mempunyai tujuan, wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa teknik informatika
  2. Memberikan masukan pada program studi berkenaan dengan peningkatan dan pengembangan kualitas (mahasiswa/kelimuan/belajar-mengajar)
  3. Ikut berperan serta secara aktif dan mandiri dalam peningkatan daya nalar dan keilmuan mahasiswa

Untuk melakukan tugas dan kewajibannya sesuai tujuan, maka dibentuklah bidang-bidang yang disesuaikan dengan kebutuhan yang terdiri dari :

  1. Bidang I : IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
  2. Bidang II : LITBANG (Penelitian dan Pengembangan)
  3. Bidang III : INFOKOM (Informasi dan Komunikasi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *