Workshop Mobile Programming

Pada era ini perkembangan di bidang teknologi berkembang sangat pesat, perangkat mobile yang dulu hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim SMS saat ini perangkat mobile tersebut dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang biasanya dapat dilakukan hanya melalui komputer.

Banyak para developer pemula yang ingin membuat sebuah aplikasi android namun mereka belum mahir dalam coding atau algoritma pemrograman android karena mereka dihadpkan untuk barisan coding yang rumit. Dari workshop mobile programming dengan menggunakan app inventor ini memungkinkan hal yang rumit tersebut dan membuat proses belajar pemrograman terasa lebih mudah dan menyenangkan. App inventor sebenarnya merupakan aplikasi open source berbasis web yang diciptakan oleh google dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institue of Technology (MIT). Tujuan awal pembuatannya tersebut untuk mendorong mereka yang tidak bisa coding untuk belajar algoritma pemrograman hingga tertarik untuk mempelajari pemrograman lebih jauh. Lebih mudahnya app inventor bisa disebut sebuah tool untuk membuat aplikasi android yang menyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi kita bisa membuat aplikasi tanpa kode satupun. App invenor membuat kita pemula tidak akan menjadi frustasi dalam mengembangkan aplikasi bahkan app inventor ini tidak hanya membuat aplikasi karena bisa digunakan untuk mengasah logika seperti menyusun puzzle.

Maka dari itu diharapkan workshop ini akan memotivasi kepada mahasiswa terutama jurusan Teknik Informatika agar bisa menjadi developer-developer aplikasi mobile. Workshop yang diberi tema “Easy Steps to Build Your Android Application with App Inventor” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Ruang Lab Gedung D Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Pada workshop tersebut yang dimentorin oleh “Gilang Ramadha” dari IMA-Studio Semarang dan bekerja sama juga dengan SANDEC yang pertama kali diacara Workshop tersebut. Pada workshop tersebut yang mentor Gilang Ramadhan membuat beberapa aplikasi kepada peserta workshop tersebut, dan semua peserta workshop tersebut sangat antusias dalam menerima materi baru tersebut dan pengalaman baru juga buat peserta workshop karena mungkin baru pertama kali membuat aplikasi android yang hanya seperti menyusun puzzle tanpa harus mengetik koding sama sekali.

Setelah acara workshop selesai salah satu peserta diwawancarai bagaimana acara workshop tersebut apakah senang atau bagaimana? Ternyata salah satu peserta workshop tersebut sangat senang sekali mengetahui cara membuat aplikasi android tanpa harus mengetik koding sama sekali dan pengalaman baru juga bagi mereka dalam membuat aplikasi android.

Berikut Foto-Foto Pada saat kegiatan Workshop Mobile Programming :

       

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *